BeritaSepak Bola

Top Skor Liga Spanyol: Dominasi Pemain Barca-Madrid Diusik Dovbyk

Bambang Sutini
×

Top Skor Liga Spanyol: Dominasi Pemain Barca-Madrid Diusik Dovbyk

Share this article
Barca Madrid

Selama 14 musim terakhir, pemain dari Barcelona atau Real Madrid secara konsisten meraih gelar top skor Liga Spanyol. Namun, Artem Dovbyk kini muncul sebagai sosok yang mengganggu dominasi tersebut. Sejak Diego Forlán menjadi top skor LaLiga pada musim 2008/2009, belum ada pemain lain di luar duo Barcelona atau Real Madrid yang mampu meraih prestasi serupa.

Di musim 2008/2009, Diego Forlán berhasil merebut trofi Pichichi setelah mencetak 32 gol untuk Atletico Madrid. Prestasinya ini mengungguli Samuel Eto’o dari Barcelona yang hanya mampu mencetak 30 gol sepanjang musim tersebut. Sejak saat itu, kebanyakan top skor Liga Spanyol dikuasai oleh pemain-pemain dari Barcelona dan Real Madrid, sehingga pencapaian Forlán tetap dikenang sebagai salah satu momen spesial di LaLiga.

Selama 14 musim berlalu di LaLiga, belum pernah ada pemain di luar Barcelona dan Real Madrid yang berhasil mengganggu dominasi kedua raksasa Spanyol tersebut dalam merebut trofi Pichichi.

Baca Juga:   Real Madrid Menyiapkan Pengganti Rp880 Miliar Saat Nacho Mengucapkan Selamat Tinggal

Top skor Liga Spanyol 14 musim terakhir

Top skor Liga Spanyol 14 musim terakhir

Seperti yang terlihat dalam bagan tersebut, dominasi Barcelona dan Real Madrid dalam daftar top skor Liga Spanyol tidak terlepas dari kontribusi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Bahkan setelah era dua pesepakbola jempolan dunia tersebut, dominasi El Barca dan El Real masih dapat diperpanjang oleh Karim Benzema dan Robert Lewandowski dalam dua musim terakhir. Kemunculan Artem Dovbyk menjadi angin segar tersendiri di tengah dominasi pemain Barcelona dan Real Madrid pada musim ini. Dovbyk, pemain dari Girona, berhasil menjadi pencetak gol terbanyak sementara di LaLiga. Ia adalah pemain pertama, dan satu-satunya sampai saat ini, yang telah mencetak lebih dari 20 gol di LaLiga musim 2023/2024.

Dengan kompetisi LaLiga memasuki pekan-pekan akhir musim ini, Artem Dovbyk mendapati dirinya dalam perburuan bersama sejumlah pemain lain dalam daftar top scorer Liga Spanyol. Salah satunya adalah pemain Real Madrid, Jude Bellingham, yang mencatat gol ke-19 di LaLiga musim ini saat Real Madrid menang 5-0 melawan Alaves di pertengahan pekan. Dominasi tradisional oleh Barcelona dan Real Madrid disemarakkan dengan kehadiran pemain seperti Dovbyk dan Bellingham di puncak skor LaLiga, mengukuhkan persaingan yang semakin panas di kompetisi domestik Spanyol.

Baca Juga:   Batal Pakai 9, Nomor Punggung Endrick di Real Madrid Akhirnya Terungkap

Girona, yang sudah memastikan finis di zona Liga Champions, menyisakan dua laga di LaLiga musim ini, Setelah menyambangi Valencia pada akhir pekan, Dovbyk cs menyudahi musim dengan menjamu Granada pada 25 Mei.

Top skor Liga Spanyol

Top skor Liga Spanyol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!